Senin, 03 Oktober 2022
Minggu, 20 Maret 2022 20:50

Tips Mengatasi Rasa Malas Menurut Ajaran Agama Islam

ILUSTRASI Rasa malas haru dilawan, contohnya mengantuk siang hari ini tanda orang malas/pixabay
ILUSTRASI Rasa malas haru dilawan, contohnya mengantuk siang hari ini tanda orang malas/pixabay

VERSIINDONESIA.COM- Rebahan bagi kaum milenial merupakan kebiasan yang lumayan sulit di lepaskan. Mereka sering merasa sudah waktunya rebahan, bahkan sebelum melakukan apa-apa. Rebahan salah satunya dipicu oleh rasa malas.

Rasa malas ini memang penyakit yang sulit disembuhkan. Apalagi zaman sekarang saat internet cukup di rumah bisa main medsos  mempunyi akun platform streaming film dan ketersediaan pangan tercukupi.

Sungguh, lengkap sudah faktor pendukung rebahan nonstop mereka.

Karena keasyikan berselancar di dunia maya inilah tugas-tugas yang harus diselesaikan secara cepat dan rutin malah tertunda. Semisal tugas mingguan kuliah, mencuci baju, membersihkan rumah dan lain sebagainya.

Sehingga, tanpa sikap yang tepat atas kemalasan, kerap kali tugas-tugas tersebut tak terselesaikan dengan baik. Hal ini akan berujung pada tidak tertatanya kehidupan kaum milenial.

Islam sebagai agama solusi, tentu peduli dengan kegiatan umatnya. Islam menyediakan beberapa tips untuk mengatasi rasa malas.

Berikut 3 tips mengatasinya :

Menyadari Ketajaman Waktu

Hal ini selaras dengan ungkapan masyhur dalam literatur islam yang menyatakan bahwa : "Waktu itu seperti pedang. Jika kamu tak mampu memotongnya, maka kamu akan terpotong".

Di sini, dapat dipahami bahwa sekali waktu berjalan, maka tidak akan dapat terulang lagi. Sehingga, sebisa mungkin kita harus memaksimalkan waktu yang kita punya, terutama usia muda, untuk hal-hal yang bersifat positif.

Author:

Dadang Abdul Rasyid

Editor:

Dadang Abdul Rasyid

Sumber:
Berbagai Sumber
X