Minggu, 25 September 2022
Kamis, 03 Maret 2022 21:41

Ternyata Membaca Bisa Meningkatkan Konsentrasi, Ini Dia Manfaat Lainnya

ILUSTRASI membaca bisa meningkatkan konsentrasi/pixabay/PourquoiPas
ILUSTRASI membaca bisa meningkatkan konsentrasi/pixabay/PourquoiPas

VERSIINDONESIA.COM-Percaya atau tidak, ternyata efek membaca hampir sama dengan berolahraga lho. Makanya dengan membaca kesehatan pun akan meningkat, terutama di sisi mental.

Para peneliti kesehatan dari Oxford University, Inggris menemukan, jika membaca memiliki efek mengurangi stres yang hampir sama jika kita rutin berolahraga. Ini dia beberapa manfaat hebat membaca yang berhubungan erat dengan kesehatan.

Menghilangkan Stres

Tahukah anda, jika membaca cerita-cerita menyenangkan ternyata mampu membuat tubuh lebih rileks ketimbang mendengarkan musik.

Fokus dalam satu hal dari sebuah artikel bacaan dapat membantu menghilangkan masalah di pikiran sehingga membuat tenang.

Bahkan, membaca 6 menit setiap hari, mampu mengurangi stres sama dengan berolahraga selama 10 menit.

Memperlambat Penurunan Memori Otak

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Rush University Medical Centre, Chicago AS, orang yang aktif membaca memiliki penurunan memori yang lebih lebih lamban dibandingkan orang yang kurang membaca.

Membaca secara rutin juga mampu menjaga otak agar selalu bekerja secara sempurna sekaligus meningkatkan kecerdasan. Hal ini karena, dengan membaca otak kita akan dituntut untuk berpikir lebih keras.

Mencegah Alzheimer

Author:

Dadang Abdul Rasyid

Editor:

Dadang Abdul Rasyid

Sumber:
Prevention.com
X