Minggu, 25 September 2022
Minggu, 27 Maret 2022 03:57

Menyambut Ramadhan, Berikut Kumpulan Doa Berdasarkan Hadist

VERSIINDONESIA.COM - Menyambut Ramadhan dengan memperbanyak berdoa merupakan salah satu cara terbaik yang dicontohkan Nabi Muhammad Saw.


Hal tersebut karena setiap jiwa manusia tak kan pernah tahu kapan ajalnya akan tiba. Dengan memperbanyak doa berharap hanya kepada Allah SWT agar disampaikan umur pada bulan Ramadhan menjadi cara terbaik untuk menyambut Ramadhan 2022.

Doa merupakan salah satu ibadah yang paling mudah dilakukan juga merupakan senjata kaum muslimin dalam situasi apapun.

Doa yang terlihat sederhana nyatanya bisa memberikan efek sangat besar. Dengan doa sesuatu yang mustahil/tidak masuk akal menurut anggapan kita, dapat terjadi atas kehendak Allah SWT.

Dalam Al-Qur'an disebutkan bahwa Allah SWT berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina“. (QS. Ghafir: 60)

Mengutip dari berbagai sumber, berikut kumpulan doa yang dapat diamalkan untuk menyambut Ramadhan berdasarkan Hadist Rasulullah Saw:

1. Rasulullah SAW telah menuntun umatnya untuk meluaskan dan melapangkan hati dengan satu doa.

Doa Ramadan ini juga terdapat dalam hadist At-Tirmidzi nomor 3.451. Berikut adalah doanya,

Allahumma ahillahu ‘alaina bil yumni wal imani was salamati wal islam. Rabbi wa rabbukallah.

Artinya, “Ya Allah jadikanlah hilal (bulan) ini bagi kami dengan membawa keberkahan, keimanan, keselamatan, dan keislaman. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah.” (HR.Tirmidzi)

Author:

Nur Khalifah

Editor:

Nur Khalifah

Sumber:
Berbagai Sumber
X