Minggu, 25 September 2022
Rabu, 23 Maret 2022 03:52

Menyambut Ramadhan, Beginilah Tips Dari Rasulullah Muhammad Saw

Ilustrasi Muslim Berdoa/Pixabay
Ilustrasi Muslim Berdoa/Pixabay

VERSIINDONESIA.COM - Ramadhan akan tiba dalam 10 hari lagi. Hal ini akan menjadi momen spesial bagi para Umat Muslim dunia khususnya Indonesia sebagai salah satu negara dengan mayoritas Muslim.

Lantas bagaimanakah cara terbaik menyambut Ramadhan ini?

Melansir About Islam, Rasulullah Muhammad Saw menyambut Ramadhan dengan melakukan beberapa hal antara lain:

1. Memperbanyak Shaum/Puasa

Nabi Muhammad SAW memperbanyak shaum selama bulan Sya'ban yakni bulan sebelum Ramadhan dalam kalender Islam/Hijriah.

Nabi Muhammad Saw memperbanyak shaum pada bulan Sya'ban tertulis dalam Hadist.

Hadits tersebut yakni : "Dari Usamah bin Zaid, dia berkata: Saya berkata: Wahai Rasulullah, saya tidak melihat Anda berpuasa dalam sebulan layaknya engkau lakukan di bulan Sya'ban."

Kemudian Rasulullah menjawab: "Itu adalah bulan di mana orang tidak terlalu memperhatikan, antara Rajab dengan Ramadhan. Itu adalah bulan di mana perbuatan itu diangkat oleh Allah SWT, dan aku suka perbuatanku (amalanku) diangkat Allah ketika menjalani puasa." Hadits ini diriwayatkan oleh Imam An-Nasa'i.

Dalam Hadist lainnya tertulis, dari Aisyah ra : "Bulan yang paling disukai Rasulullah untuk berpuasa adalah Sya'ban. Memang, ia biasa bergabung ke Ramadhan." Hadits ini diriwayatkan oleh Imam An-Nasa'i dengan derajat hadis yang shahih. Hadis ini pun diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud.

Meskipun jumlah pasti hari Rasulullah shaum pada bulan Sya'ban belum dapat dipastikan, namun kita dapat mengambil pelajaran bagaimana Rasulullah Saw melatih diri sebelum Ramadhan tiba dengan memperbanyak shaum.

Author:

Nur Khalifah

Editor:

Nur Khalifah

X