Minggu, 25 September 2022
Selasa, 22 Februari 2022 10:35

Menjadi Ahli Tahajud Kunci Sukses Dunia Akhirat

SHALAT TAHAJUD - Poto ilustrasi shalat malam atau tahajud akan menjadi kunci sukses dunia akhirat. Pixabay.
SHALAT TAHAJUD - Poto ilustrasi shalat malam atau tahajud akan menjadi kunci sukses dunia akhirat. Pixabay.

VERSIINDONESIA.COM - Menjadi ahli tahajud adalah impian hampir setiap muslim. Karena ahli tahajud memiliki berbagai keutamaan. Rasulullah SAW seumur hidupnya nyaris tak pernah melewatkan shalat Tahajud.

Menurut Imam Syafii doa pada saat salat tahajud bagaikan anak panah yang tepat sasaran mengenai apa yang diincarnya.

Sederhananya, barang siapa yang salat tahajud kemudian mengadukan hajatnya kepada Allah SWT niscaya Dia akan mengabulkannya.

Allah SWT berfirman dalam Qur'an Surah Al Isra ayat 79: “Dan pada sebagian malam, maka kerjakanlah shalat tahajud sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah- mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.”

Ayat tersebut jelas menggambarkan tentang perintah mengerjakan shalat tahajud sebagai sebuah ibadah tambahan. Dalam ayat tersebut kita dapat melihat bahwa Allah SWT akan mengangkat orang-orang yang senantiasa shalat tahajud/ahli tahajud ke tempat yang terpuji.

Adapun keutamaan dari shalat tahajud antara lain:

1. Membuka pintu surga

Banyak jalan untuk menuju surga Allah SWT, pintu-pintu surga terbuka bagi para hamba yang berhasil mengumpulkan timbangan amal yang baik dan bernilai di hadapan Allah SWT. Salah satu pintu itu adalah shalat tahajud.

Rasulullah Muhammad Saw bersabda: “Sebarkanlah salam, berilah makan (orang-orang yang membutuhkan), sambungkanlah silaturahim, dan shalatlah pada malam hari ketika orang lain sedang tidur, niscaya kalian akan masuk surga dengan selamat.”(HR. Tirmidzi)

2. Menepis kegundahan dalam jiwa

Author:

Nur Khalifah

Editor:

Hadyan Muslim

X