Senin, 03 Oktober 2022
Kamis, 03 Maret 2022 17:24

Islam Agama Toleran, KH Jujun Junaedi Menjelaskan Bukti dan Dalil Lengkap

tangkapan layar dari jujun junaedi oficial
tangkapan layar dari jujun junaedi oficial

VERSIINDONESIA- Islam agama yang sangat toleran, sikap toleran ini disebut tasamuh. Secara bahasa tasamuh artinya adalah sifat atau sikap menghargai pendirian, pendapat, pandangan, kepercayaan, dan kebiasaan yang bertentangan dengan pendirian atau pendapatnya.

 Islam tetap memberikan kebebasan kepada yang lain untuk memeluk agama yang berbeda. Artinya bahwa dalam Islam tidak ada pemaksaan terhadap yang lain untuk memeluk agama Islam. 

Islam mengajarkan kepada pemeluknya untuk saling menghargai keyakinan yang dimiliki oleh orang lain.

Dai Kondang yang juga dosen UIN Bandiung KH Jujun Junaedi dalam chanel Youtubenya Jujun Junaedi Official menjelaskan toleransi yang ditunjukkan oleh Islam adalah tidak melihat berasal dari bangsa mana, apa warna kulitnya, berasal dari suku mana dan bagaimana bahasanya, apakah ia bekas musuh atau bukan.

Yang penting mau hidup damai, tidak saling menghina, dan tidak saling menyakiti.

Manusia berasal dari Adam, sedangkan Adam berasal dari tanah. Tidak ada kelebihan bangsa Arab atas bangsa-bangsa lain yang bukan Arab.

Dan tidak ada kelebihan kulit putih atas kulit hitam, dan tidak ada pula kelebihan kulit hitam atas kulit putih.

Karena sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling bertaqwa diantara kamu.

Allah menciptakan manusia di bumi ini berbeda jenis kelamin (ada laki-laki dan perempuan), berbeda suku, bangsa, bahasa, golongan, adat istiadat dan budaya, tujuannya adalah agar saling mengenal dengan cara berkomunikasi dan berinteraksi dengan koridor saling menghormati dan menghargai (toleransi).

Bacalah firman Allah berikut :

Author:

Dadang Abdul Rasyid

Editor:

Dadang Abdul Rasyid

Sumber:
youtube jujun junaedi oficical
X