Senin, 03 Oktober 2022
Senin, 28 Maret 2022 05:03

Arti Mimpi Dalam Al-Qur'an

Arti Mimpi Dalam Al-Qur'an

VERSIINDONESIA.COM - Beberapa waktu lalu muncul istilah viral diambil dari sebuah dialog serial yang juga viral. 'Its my dream', itulah istilah yang begitu melekat pada benak para netizen khususnya perempuan.

Tidak sedikit beberapa iklan pun terinspirasi dari istilah tersebut. Bahan sang aktris pun mengaku bahwa istilah it's my dream tidak ada dalam naskah dialog, ia mengaku bahwa kalimat itu adalah hasil improvisasinya.

It's my dream ternyata dibahas jauh-jauh hari sebelum serial layangan putus viral. It's my dream yang artinya ini adalah mimpiku membawa kita pada salah satu surat dalam Al-Qur'an.

Surat Yusuf mengisahkan mimpi seorang Nabi bernama Yusuf As, putra Nabi Ya'qub As. Surat Yusuf di bagian awal suratnya dibuka dengan cerita tentang bagaimana Nabi Yusuf As bermimpi melihat sebelas bintang, matahari, dan bulan bersujud kepadanya.

Allah SWT berfirman,"(Ingatlah), ketika Yusuf berkata kepada ayahnya, "Wahai Ayahku! Sungguh, aku (bermimpi) melihat sebelas bintang, matahari, dan bulan, kulihat semuanya sujud kepadaku." (QS: Yusuf ayat 4)

Pada awal surat menceritakan tentang mimpi Nabi Yusuf As sedangkan pada bagian akhir surat menceritakan tentang bagaimana mimpi tersebut menjadi kenyataan.
Allah SWT berfirman, "Dan dia menaikkan kedua orang tuanya ke atas singgasana. Dan mereka (semua) tunduk bersujud kepadanya (Yusuf). Dan dia (Yusuf) berkata, "Wahai ayahku! Inilah takwil mimpiku yang dahulu itu. Sesungguhnya Tuhanku telah menjadikannya kenyataan. Sesungguhnya Tuhanku telah berbuat baik kepadaku, ketika Dia membebaskan aku dari penjara dan ketika membawa kamu dari dusun, setelah setan merusak (hubungan) antara aku dengan saudara-saudaraku. Sungguh, Tuhanku Maha Lembut terhadap apa yang Dia kehendaki. Sungguh, Dia Yang Maha Mengetahui, Maha Bijaksana." (QS: Yusuf ayat 100)

Kedua ayat tersebut mengingatkan kita bahwa kisah hidup kita sesungguhnya saat kita lahir bukan pula saat kita sudah sekolah, sudah kerja, sudah menikah. Meskipun ada ucapan "Selamat Menempuh Hidup Baru" namun kenyataannya bukan seperti itu apalagi dimulai saat kita pindah rumah, bukan pula demikian.

Baca Juga: Hayya The Movie 2, Sebuah Film Tentang Kemanusiaan

Kisah hidup kita dimulai saat kita memiliki mimpi. Saat kita berani mendeskripsikan mimpi kita, dan menggantungkan mimpi itu kepada Allah SWT dengan penuh husnudzan (prasangka baik) bahwa Allah SWT Maha Baik dan insyaAllah akan mewujudkan mimpi kita.

Author:

Nur Khalifah

Editor:

Nur Khalifah

Sumber:
Intagram Qur'an Review
X