Sabtu, 10 Desember 2022
Kamis, 08 September 2022 09:02

Afirmasi Sebagai Wirid, Begini Pendapat Muhammad Fauzil Adhim

VERSIINDONESIA.COM- Afirmasi sebagai wirid misalnya kalimat, “I am Succesfull, I am Confident, I am Powerfull, I am Strong, I am Getting Better And Better Everyday.” Mohammad Fauzil Adhim berpendapat bahwa ucapan tersebut sama sekali tidak baik. 

Pendapat tersebut berdasarkan sabda Rasulullah Muhammad Saw yakni, “Wahai Abdullah bin Qais, maukah aku tunjukkan kepadamu suatu simpanan dari berbagai simpanan surga?” Aku (Abdullah bin Qais) menjawab, “Tentu, wahai Rasulullah.” Kemudian beliau bersabda: “(Katakan) La haula wala quwwata illa billah. Tiada daya dan upaya selain semata-mata karena Allah.” (HR. Bukhari) 

Mohammad Fauzil Adhim menerangkan, Imam Nawawi Ra berkata, “Dia (La haula wala quwwata illa billah) adalah kalimat yang penuh kepatuhan dan kepasrahan diri kepada (kepada Allah). Sungguh seorang hamba tidak memiliki urusannya sedikit pun, ia tidak memiliki daya untuk menolak keburukan dan tidak memiliki kekuatan untuk menarik kebaikan, kecuali dengan kehendak Allah.” 

Sedangkan mereka yang mengatakan: Katakan pada diri Anda, “Aku kuat. Aku hebat. Aku tidak bergantung kepada siapa pun kecuali kepada diriku sendiri karena aku mampu.”

Mereka menyebutkan kalimat tersebut adalah mantra atau kata-kata bujuk diri atau Self Suggestion agar memiliki percaya diri dan kekuatan yang dahsyat luar biasa. 

Mohammad Fauzil Adhim menegaskan bahwa kalimat tersebut sama sekali tidak baik karena Rasulullah Saw mengajarkan sebaliknya. Rasulullah Saw justru mengajarkan do’a yang artinya: “Ya Allah, hanya rahmat-Mu yang kuharapkan! Maka janganlah Engkau serahkan aku kepada diriku meski sekejap mata, dan perbaikilah urusanku seluruhnya. (HR. Ahmad, Abu Dawud, dan Ibnu Hibban)

Baca Juga: Kiat Sukses dan Bahagia Menjadi Pengusaha Menurut Motivator Bisnis

Mengenal Lebih Dekat Mohammad Fauzil Adhim

Mohammad Fauzil Adhim merupakan seorang Da’i, penulis buku sekaligus pakar Islamic Parenting. Mohammad Fauzil Adhim aktif mengisi kajian Islami khususnya kajian bertema Parenting dan keluarga Sakinah.

Beberapa buku karya Mohammad Fauzil Adhim yakni Kado Pernikahan Untuk Istriku, Agar Cinta Selalu Bersemi, Segenggam Iman Untuk Anak Kita, Positive Parenting, Saat Berharga Untuk Anak Kita, Membuat Anak Gila Membaca dan lainnya.

Author:

Nur Khalifah

Editor:

Nur Khalifah

Sumber:
instagram@mohammadfauziladhim
X