Selasa, 04 Oktober 2022
Rabu, 09 Februari 2022 08:51

70 Ribu Umat Langsung Masuk Surga Tanpa Dihisab, Ini Kata Gus Baha

Tangkapan layar Gus Baha
Tangkapan layar Gus Baha

menjawab masuk surga itu itu sebenarnya lebih mudah dibanding masuk neraka. Mengapa demikian? Karena Nabi SAW pernah bersabda:

“Sesungguhnya Allah mengharamkan dari neraka, bagi siapa yang mengucapkan laa ilaha illallah (tiada sesembahan yang benar disembah selain Allah) yang dengannya mengharap wajah Allah” (HR. Bukhari no. 425 dan Muslim no. 33).

Jadi dengan demikian ahli laa ilaha illallah itu otomatis masuk surga tanpa dihisab. Ahli Laillahailalloh juga bebas dari adzab kubur tanpa hisab. Jadi laa ilaha illallah adalah kunci surga.

 

Menurut Ulama Nahdlatul Ulama KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau yang akrab disapa Gus Baha mengatakan bahwa masuk surga itu lebih mudah dibanding masuk neraka. Mengapa demikian? Karena Nabi SAW pernah bersabda:

” Laa ilaha illallah itu miftahu janah, kunci surga. Kita sudah digiring ke sana. Kita sudah mendapatkannya di dunia. Manaqiban kan itu taman surga,” jelasnya.


Penjelasan mengenai  ahli Laillaha ilaloh Taman Surga Pangersa merujuk kepada hadits di bawah ini; Diriwayatkan oleh al-Bazzaar dan al-Hakiim di dalam al-Mustadrak dan menyatakan keshahihannya, bahwasanya Jabir radhiyallaah ‘anhu berkata:

Telah keluar Nabi Shollallaah ‘alaih wa sallamkepada kami, dan bersabda: Wahai manusia, sesungguhnya Alloh Ta’aala menebarkan para malaikat untuk mendatangi majlis dzikr di bumi, maka masuklah ke dalam taman-taman surga itu.

Mereka berkata: Dimanakah taman-taman surga itu? Beliau bersabda: Majlis-majlis dzikr, sebaiknya kalian berdzikir kepada Allah tiap pagi dan petang.

Diketahui, bahwa manusia masuk surga ada tiga kategori, yaitu: langsung masuk surga tanpa hisab (dihitung kebaikan dan keburukannya), masuk surga setelah dihisab, dan masuk surga setelah diadzab terlebih dulu masuk neraka dulu.

Dalam sebuah hadis pernah disebutkan bahwa ada keutamaan dari 70.000 orang dari Umat Rasulullah SAW yang akan masuk surga tanpa melalui proses hisab dan adzab.

Author:

Dadang Abdul Rasyid

Editor:

Dadang Abdul Rasyid

X