Minggu, 05 Februari 2023
Senin, 17 Januari 2022 06:18

WASPADA! Ternyata Anak-Anak Rentan Terinfeksi Virus Covid-19 Varian Omicron

ANAK-ANAK RENTAN TERINFEKSI COVID-19 VARIAN OMICRON Foto: Ternyata anak-anak lebih rentan terinfeksi varian omicron dibandingkan orang dewasa. /ilustrasi/pexels/cottonbro
ANAK-ANAK RENTAN TERINFEKSI COVID-19 VARIAN OMICRON Foto: Ternyata anak-anak lebih rentan terinfeksi varian omicron dibandingkan orang dewasa. /ilustrasi/pexels/cottonbro

VERSIINDONESIA.COM Informasi mengejutkan mengenai penelitian covid-19 varian Omnicron yang dilakukan oleh para peneliti di Inggris menemukan fakta baru ternyata anak-anak rentan terinfeksi virus covid-19.

Hasil penelitian yang dirilis pada tanggal 14 Januari 2022 tersebut memberikan informasi adanya peningkatan jumlah porsi anak-anak yang dirawat di rumah sakit dalam empat minggu terakhir, terutama bagi di bawah satu tahun namun gejala yang ditimbulkan cenderung ringan.

Dibandingkan pada gelombang sebelumnya yang hanya sekitar 30 persen, secara persentasi sebanyak 42 persen anak yang berusia di bawah 1 tahun yang dirawat di rumah sakit telah dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. saja.

Baca Juga: Jangan Sepelekan 9 Tanda Berikut Ini Bisa Memicu Meningkatnya Radang Usus Buntu

"Ini bukan bayi yang sakit. Faktanya, mereka datang untuk waktu yang singkat," ucap Calum Semple seorang Profesor Kesehatan Anak dan Pengobatan Wabah, Universitas Liverpool seperti dilansir dari Channel News Asia dan dikutip dari https://www.pmjnews.com pada tanggal 16 Januari 2022.

Calum Semple merekomendasikan akan pentingnya vaksinasi anak di bawah 12 tahun, sebab menurutnya vaksinasi merupakan solusi sementara guna menekan jumlah anak-anak positif covid-19 varian omnicron yang dirawat inap di rumah sakit.

Di lain tempat Profesor Kesehatan Anak dan Remaja, Russell Viner berpendapat bahwa dengan adanya peningkatan jumlah pasien anak-anak di rumah sakit yang terinfeksi Omicron ditenggari kerena seperti kondisi adanya gangguan pernapasan sehingga mendorong para orang tua membawa bayinya ke rumah sakit.

Baca Juga: Perlu Tahu! Penyebab Gusi Bengkak dan Cara Mengobatinya

Namun Russell Viner menambahkan indikator tersebut hanya permulaan, bahwa sewaktu-waktu bisa berubah.

"Tinjauan data klinis ini sangat cepat dan sangat meyakinkan," kata Russell.

Author:

Ibnu Zamani

Editor:

Dadang Abdul Rasyid

Sumber:
PMJ News
X