Minggu, 25 September 2022
Senin, 14 Februari 2022 23:31

Main HP Bisa Ganggu Kesehatan, Ini Cara Setop Cek Ponsel Sepanjang Malam

MAIN HP- Batasi cek handphone pada malam hari, bisa menganggu kesehatan/pixabay/alexandria
MAIN HP- Batasi cek handphone pada malam hari, bisa menganggu kesehatan/pixabay/alexandria

VERSIINDONESIA.COM- Seberapa sering anda mengecek berbagai notifikasi di alat komunikasi anda? Entah itu, dari WA  Line, Email, Facebook, Twitter tiktok atau Instagram.

Pasti sering kan. Bahkan kini ketergantungan kepada ponsel makin tinggi. Bangun tidur saja, bukannya cuci muka tapi langsung buka handphone. 

Parahnya lagi kini anak-anak juga sudah banyak yang kecanduan main hanphone. Celakanya main HP-nya bisa sampai larut malam.

Tak hanya saat sedang bekerja, tapi kebiasaan tersebut terkadang bisa berlangsung hingga larut malam. Sadarkah anda jika kebiasaan tersebut

justru akan mengganggu jam tidur anda? Minimnya waktu istirahat bisa menyebabkan produktivitas menurun bahkan penyakit serius, seperti kegemukan, jantung, dan diabetes.

Bahkan, sebuah studi yang dipublikasikan oleh Wales Institute of Social anda Economic Research (Wiserd), terhadap anak-anak usia 8 dan 10 tahun,

menemukan lebih dari 5 anak ini mengatakan “hampir selalu” bangun di malam hari untuk melihat atau bahkan mem-posting sesuatu di sosial media mereka.

Akibatnya, lebih dari setengah anak-anak ini “hampir selalu” pergi ke sekolah dengan rasa lelah dan kantuk.

Berikut adalah beberapa cara untuk menyetop kebiasaan tergantung dengan ponsel, atau tablet agar kualitas hidup anda tetap baik. Namun, hal ini

pun membutuhkan kedisiplinan yang tinggi.

Author:

Dadang Abdul Rasyid

Editor:

Dadang Abdul Rasyid

Sumber:
Prevention.com
X