Senin, 03 Oktober 2022
Minggu, 20 Februari 2022 07:19

Ini Dia 6 Bahan Alami Untuk Mengatasi Kulit Berminyak bagi ABG

VERSIINDONESIA.COM- Memiliki kulit berminyak sekaligus merawatnya memang menjadi tantangan tersendiri. Selain, wajah mudah berjerawat, kulit berminyak juga sangat mengganggu penampilan, meski wajah sudah sempurna dirias.

Orang yang memiliki tipe kulit ini, biasanya berasal dari gen keturunan, namun dapat bertambah buruk lantaran perubahan hormonal, stres, dan pengobatan tertentu.

Membeli beragam produk perawatan bermerk pun tidaklah murah, dan belum tentu juga cocok dengan tipe kulit anda. Tak disangka, beberapa resep rumahan berikut ternyata dapat membantu anda merawat kulit berminyak. Apa saja itu, mari simak;

Tomat

Tomat sangat bekerja baik untuk merawat kulit berminyak karena kandungan astringent dan zat yang mencerahkan. Tomat juga mengandung asam alami yang dapat meminimalkan jumlah minyak di kulit. Belah tomat jadi dua, lalu gosokkan secara lembut di wajah. Biarkan selama 15 menit di wajah, lalu bersihkan dengan air hangat dan aplikasikan moisturizer yang bebas minyak (oil free).

Apel

Apel juga memiliki astringent lembut dan zat antiseptik, sehingga mampu mengurangi jumlah minyak dan melawan bakteri penyebab komedo dan jerawat. Apel juga memiliki asam malic yang berfungsi untuk mengelupaskan sel kulit mati. Potong-potong apel lalu aplikasikan di wajah, dan biarkan selama 15 menit.

Mentimun

Mentimun tak hanya berfungsi untuk menghilangkan lingkaran hitam di wajah, namun juga memberi nutrisi vitamin A dan E, potassium dan magnesium untuk mengurangi minyak berlebih di wajah.

Efeknya yang sejuk sekaligus kandungan astringent-nya membuat kulit wajah terlihat semakin segar. Aplikasikan potongan timun di wajah secara merata. Anda juga mencampurnya dengan jus lemon, aplikasikan di wajah, dan diamkan hingga mengering, lalu bilas dengan air hangat.

Author:

Dadang Abdul Rasyid

Editor:

Dadang Abdul Rasyid

Sumber:
Prevention.com
X