Minggu, 25 September 2022
Senin, 21 Februari 2022 19:09

Bahaya Marah Saat Mengendarai Kendaraan, Inilah Cara Mengendalikannya

ILUSTRASI akibat marah bisa menyebabkan kecelakaan di jalan/pixabay
ILUSTRASI akibat marah bisa menyebabkan kecelakaan di jalan/pixabay

VERSIINDONESIA.COM-Menahan amarah bagi para pengendara hukumnya wajib. Ledakan emosi negatif yang tak terkendali seorang pe­ngemudi bisa mengancam nyawa seisi mobil.

Potensi meledaknya kemarahan pa­da saat berkendara sangatlah besar. Karena itu, menahan amarah ketika me­ngemudikan kendaraan bukan hanya penting ketika Ramadan, tetapi juga pada 11 bulan berikutnya.

Menurut para ahli AstraWorld, ada '4K' yang menjadi pemicu amarah ketika kita menyetir mobil adalah kemacetan, kecelakaan, kerusakan, dan kelakuan. Unsur K  artinyaa ke­lakuan buruk para pengendara yang kerap ugal-ugalan.

Sudah jelas, kemacetan sangat tidak nyaman bagi setiap pengendara. Begitu juga dengan kecelakaan, baik hanya sedikit tersenggol, tertabrak atau bahkan menabrak pengguna jalan lainnya.

Adapun, yang termasuk kerusakan yaitu kasus-kasus seperti mogok di jalan, overheating, ban kempes, kopling putus, alarm tiba-tiba meraung, dan berbagai bermacam kasus lain. Jika terjadi, semua pemicu tersebut sanggup membuat para pengendara naik darah karena perjalanan pasti terhambat.

Baca Juga: 4 Tips Mencegah Sakit Pinggang Saat Duduk Lama di Kendaraan

Yang tidak kalah memancing emosi adalah kelakuan buruk para pengendara. Akibatnya, bisa saja membuat mobil An­da menjadi korban. Gaya berkendara yang ugal-ugalan ditambah salah paham dan emosi yang tak terkendali, mungkin dapat berlanjut dengan perkelahian.

Nah, berdasarkan empat pemicu emosi di jalan raya ini, kita dapat me­nyiapkan cara-cara mudah agar pada saat berkendara tidak terjebak dalam suasana yang bsa membuat amarah meledak. Berikut ini beberapa poin yang sangat baik untuk diterapkan.

Rencanakan perjalanan Anda. Poin pertama ini mengharuskan kita menentukan waktu dan rute yang akan kita pilih untuk berkendara. Tujuannya untuk menghindarkan diri dari kemungkinan terjebak kemacetan.

Baca Juga: Terkait Plat Nomor RFS Selebgram Rachel Vennya, Polisi: Kita Minta Datang Membawa Kendaraannya

Author:

Dadang Abdul Rasyid

Editor:

Dadang Abdul Rasyid

X