Minggu, 05 Februari 2023
Kamis, 17 Februari 2022 17:29

7 Makanan Penyebab Sembelit, Salah Satunya Daging Merah 

ILUSTRASI Sembelit yang menyakitkan/pixabay
ILUSTRASI Sembelit yang menyakitkan/pixabay

VERSIINDONESIA.COM-Sembelit adalah salah satu masalah dalam organ pencernaan yang banyak dihadapi orang. Jangan anggap remeh gangguan kesehatan satu ini karena dapat menyebabkan pula penyakit organ lainnya. Banyak mengonsumsi serat dan cairan seperti air putih, buah dan sayuran dapat mencegah sembelit dan memperlancar proses pembuangan.

Selama proses pembuangan nanti, berbagai toksin dan zat-zat sampah akan ikut terbuang dari tubuh. Jadi, jika anda mengalami sembelit, maka racun yang ada dalam tubuh akan menghinggap terus sehingga menyebabkan berbagai masalah kesehatan lain.

Banyak orang pula yang memakai jenis obat-obatan untuk mengatasi sembelit tersebut. Dibanding menempuh jalan seperti itu, lebih baik anda menghindari makanan penyebab utama sembelit tersebut seperti:

Roti

Roti merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan gluten tinggi. Banyak orang tak mampu mencerna dan menyerap fruktan dan gluten. Maka, bakteri dapat mulai terfermentasi pada makanan yang tak mampu dicerna tersebut menyebabkan buang gas, sakit perut, serta ketidaknyamanan saat pembuangan.

Baca Juga: Ini Dia Fakta Membahayakan Diet dengan Soda

Daging Merah

Daging merah sendiri sebenarnya tak menyebabkan sembelit, namun biasanya jika anda mengonsumsi daging, anda pun akan menghindari sayuran sebagai sumber utama serat. Lakukanlah diet seimbang. Jika anda sedang makan daging, pastikan anda memasukkan salad dalam menu anda.

Cookies dan Kue

Jenis makanan tersebut diolah dari tepung terigu yang minim serat dan menjadi salah satu penyebab sembelit. Makanan-makanan tersebut juga tak terlalu baik untuk kesehatan usus anda. Anda boleh saja mengonsumsinya sekali-kali, tapi jangan terlalu sering.

Author:

Dadang Abdul Rasyid

Editor:

Dadang Abdul Rasyid

Sumber:
Prevention.com
X