Minggu, 05 Februari 2023
Rabu, 16 Februari 2022 08:09

5 Hal yang Perlu Diketahui Wanita Hamil Saat Berpuasa

WANITA HAMIL harus menjaga stamina tubuh saat berpuasa/pixabaymcronv
WANITA HAMIL harus menjaga stamina tubuh saat berpuasa/pixabaymcronv

Memang tidak ada jawaban yang jelas atas hal ini, karena semua tergantung dari kondisi kesehatan sang ibu dan kandungan. Namun, berdasarkan riset, berpuasa tetaplah aman bagi kesehatan keduanya selama tidak ada indikasi yang membahayakan.

Ap saja fakta studi pada wanita hamil yang berpuasa?

-Skor dari Apgar menunjukkan bahwa kondisi bayi yang ada dalam kandungan ibu hamil yang sedang berpuasa tidak ada bedanya dengan ibu hamil yang tidak berpuasa.

-Berpuasa  saat hamil mungkin saja dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat lebih rendah, terutama saat melakukan puasa di trimester pertama. Namun, ada pula studi lainnya yang menemukan bahwa perbedaan berat badan bayi saat kelahiran antara ibu hamil yang puasa atau tidak, sebetulnya tak terlalu besar.

-Ketika sedang berpuasa, terjadi perubahan keseimbangan kimia dalam darah, namun perubahan itu tidak akan membahayakan sang janin.

Bagaimana beradaptasi di bulan Ramadan saat hamil?

Jika berat badan dan gaya hidup anda sehat secara umum, maka anda pun sangat bisa beradaptasi terhadap berbagai perubahan tubuh ketika puasa. Pastinya, bayi anda membutuhkan nutrisi dari sang ibu, dan jika tubuh anda menyimpan cukup banyak energi, berpuasa tidak akan terlalu berdampak bagi anda.

Apa yang dilakukan banyak wanita hamil?

Berdasarkan beberapa kajian, sekitar 1/3 wanita muslim hamil di seluruh dunia memilih untuk melakukan Ibadah puasa saat Ramadan, meski ada sebagian yang memiliki cara sendiri saat menyambut bulan Ramadan. Kebanyakan para pemimpin ulama sangat menganjurkan agar wanita hamil tetap melakukan ibadah puasa, selama kondisi kesehatan mendukung itu. Nah, untuk memastikan, silahkan  rajin berkonsultasi lebih detil dengan dokter kandungan yang menangani anda terutama tentang kondisi kesehatan.

Apa yang perlu disiapkan sebelum puasa?

Author:

Dadang Abdul Rasyid

Editor:

Dadang Abdul Rasyid

Sumber:
Prevention.com
X