Sabtu, 10 Desember 2022
Jumat, 08 April 2022 11:18

Pentingnya Agaility Dalam Berbisnis Di Era dan Pasca Pandemi

VERSIINDONESIA.COM - Agaility (kelincahan) berbisnis di era dan pasca Pandemi sangat penting bagi pelaku bisnis.

Hal ini karena Pandemi Covid- 19 menjadi hantaman bagi beberapa sektor di dunia termasuk di Indonesia. Salah satunya yakni sektor perekonomian. Hal ini menjadi tantangan bagi para pelaku bisnis/usaha.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Agaility berarti kelincahan, ketangkasan, kecerdikan, kegesitan,kecerdasan.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa arti Agaility yakni kelincahan, ketangkasan, kecerdikan, kegesitan dan kecerdasan pelaku bisnis dalam beradaptasi menghadapi segala perubahan yang berdampak pada usaha/bisnisnya.

Agaility menjadi salah satu faktor penentu para pelaku bisnis dapat bertahan melalui badai Pandemi Covid- 19 khususnya di sektor perekonomian.

Berikut beberapa contoh pengaruh Agaility pengusaha dalam upaya menghadapi dampak Pandemi Covid- 19 :

1. Bidang kesehatan

Virta Dimas Catur Diputra atau biasa dikenal dengan nama Virta DC Diputra selaku Chief Business Development Officer salah satu Rumah Sakit Swasta di Bandung menyatakan sempat membuka usaha restoran dengan cita rasa Korea. Namun terpaksa harus menutup permanen restoran tersebut akibat Pandemi Covid- 19.

Kemudian Virta beralih ke bisnis jual beli sepeda karena melihat peluangnya jauh lebih baik dari pada bisnis restoran. Tak hanya itu, Virta dengan bidang usaha utamanya yakni property pun beralih masuk ke bidang kesehatan.

Virta bergabung dengan beberapa investornya membangun RS Swasta di Bandung dan membukanya secara resmi tepat di era Pandemi Covid- 19 dengan nama Edelweiss Hospital (Edhos).

Author:

Nur Khalifah

Editor:

Nur Khalifah

Sumber:
Wawancara Khusus
X