Minggu, 25 September 2022
Kamis, 15 September 2022 08:41

Diferensiasi Sebagai Kunci Sukses Menghadapi Persaingan Bisnis

VERSIINDONESIA.COM- Diferensiasi merupakan salah satu kunci sukses bagaimana pelaku usaha bisa memenangkan persaingan bisnis yang cukup ketat.

Diferensiasi akan membantu pelaku usaha menarik perhatian calon customer pada produk yang ditawarkan.

Menurut Virta Dimas Catur Diputra atau biasa dikenal dengan Virta DC Diputra diferensiasi yakni bagaimana pelaku usaha dapat membedakan produknya dengan produk pesaingnya.

Diferensiasi berarti bisa menemukan keunggulan produk tersebut dibandingkan produk yang sejenis. Virta selaku Chief Business Development Officer (CBDO) Edelweiss Hospital Bandung mencontohkan bagaimana menerapkan diferensiasi pada produknya yakni Edelweiss Hospital antara lain :

Menentukan Diferensiasi

Edelweiss Hospital mengangkat tema rumah sakit rasa hotel yakni bagaimana orang tinggal di rumah sakit namun terasa seperti sedang vacation atau liburan. Tema ini diangkat sebagai diferensiasi produknya.

Mengkomunikasikan Pada Market

Edelweiss Hospital mengkomunikasikan pada marketnya setelah menentukan tema diferensiasinya. Edelweiss Hospital mengundang para influencer untuk staycation serta merasakan semua fasilitas yang ada di dalamnya. Para influencer ini mendokumentasikan semua kegiatannya selama di Edelweiss antara lain saat melakukan zoom meet kemudian mengunduhnya ke akun media sosialnya.

Sehingga market melihat bahwa Edelweiss Hospital merupakan rumah sakit rasa hotel yang bisa menjadi pilihan para pengikutnya.

Ternyata strategi tersebut memberikan dampak luar biasa. Edelweiss mendapatkan keuntungan di atas 200 persen di tahun pertamanya.

Author:

Nur Khalifah

Editor:

Nur Khalifah

Sumber:
Wawancara Khusus
X