Minggu, 25 September 2022
Kamis, 20 Januari 2022 21:47

Ustadz Abdu Somad dan Buya Hasyim Arrazy Dikritik Karena Ikut Campur SOal Kemursyidan di TQN PP SUryalaya

Ustad Abdul Somad/instagram/@dakwahpopuler
Ustad Abdul Somad/instagram/@dakwahpopuler

VERSIINDONESIA.COM-Para pengamal Thoriqoh Qodiriyah Naqsabandiyah (TQN) Pondok Pesantren Suryalaya mengaku tak enak dengan manuver Ustad Abdul Somad yang menyatakan mursyid pengganti Abah Anom adalah KH Zezen Abidin Zaenul Ashab (almarhum) dari Sukabumi, Jawa Barat.

"Sebaiknya orang luar yang ngak faham TQN Suryalaya jangan ikut campur, urus saja gerbong sendiri. Kita rukun-rukun saja kok," kata Kiyai Mahmud Jonsen Al Maghribi  di Madrasah Abu Athof Cileunyi Kabupaten Bandung pekan lalu.

  

Menurut dia, dai medsos yang kerap muncul di Youtube dipaksakan tahu tentang kemursyidan TQN PP Suryalaya.Padahal dia bukan pengamal TQN. Celakanya para wakil talqin yang ada di Suryalaya malah dai Youtube itu menjadikan rujukan tentang kemursyidan.

"Orang yang dia ngomong itu mursyid siapa, memang dai Youtuber itu tak menyebut nama. Tapi kalau yang dimaksud dia mursyid kita siapa elo, kita husnudzon saja. Itu orang yang ngak tahu apa-apa berkomentar," katanya.

Makanya sebelum berkomentar dan menyalahkan orang lain, datang ke Sirnarasa. Masa semua orang di Sirnasara bodoh semua. "Saya melihat begitu banyak yang datang ke Sirnasarasa, tanpa diundang. Yang ngak tahu apa-apa malah berkomentar miring, padahal kan kalau memang dia asli pengamal TQN Suryalaya dan mengaku murid Abah Anom tak usah menyalahkan ajaran orang lain," katanya.

Tapi Kiyai Johnsen tetap berhusnudzon terhadap dai Youtuber itu yang dia maksud adalah mursyidnya dia. Meskipun kritikannya sudah mengarah ke Pangersa Abah Aos.

"Kalau memang bener dia mempermasalahkan kemursyidan pangersa Abah Aos siapa elo, tahu apa urus saja gerbong sendiri ngak usah ngurus gerbong orang lain," katanya.

Baca Juga: Covid 19 Varian Omnicorn di Ibukota Meningkat, Pengelola Masjid Istiqlal Batalkan Manaqiban TQN PP Suryalaya

Ada juga Dai yang tenar namaya Ustad Abdul Somad datang ke Habib Lutfi dia membawa sanad dua thoriqoh. Tanya ke Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali Rais Am JATMAN. Mana yang saya mau amalin. Kata Habib luthfi amalin qodiriyah saja.

Author:

Dadang Abdul Rasyid

Editor:

Dadang Abdul Rasyid

X