Sabtu, 10 Desember 2022
Minggu, 20 Maret 2022 21:22

Seputar Agama Masyarakat Ukraina

VERSIINDONESIA.COM-Konflik antara Ukraina dan Rusia hingga saat ini masih saja belum usai. Ukraina adalah sebuah negara di Eropa Timur yang berbatasan dengan Polandia dan Slowakia di barat serta Rusia di timur dan timur-laut.

Ukraina mendapatkan kemerdekaannya pada tahun 1991 M. dan merupakan negara pecahan dari Uni Soviet.

Agama yang dominan di Ukraina dan dipraktekkan oleh hampir separuh populasinya adalah Ortodoksi Timur. Hal ini sebagaimana dipaparkan oleh portal britannica.com.

Sedangkan agama minoritas di Ukraina di antaranya adalah Protestan, Katolik Roma, Yahudi dan Islam. Lebih dari dua perlima masyarakat Ukraina tidak mempunyai agama.

Islam diamalkan terutama oleh orang-orang etnis minoritas, yaitu Tatar Krimea. Krimea merupakan daratan  besar yang terletak di ujung timur Eropa. Daerah ini berbatasan di selatan dengan Laut Hitam dan menghubungkannya dengan keseluruhan Eropa.

Mykhailo Yakubovuch penulis "Trace of Western Ukraine" mengatakan bahwa Krimea merupakan lokasi yang pertama kali terlintas ketika membicarakan Islam di Ukraina.

Suku Tatar ini yang menjadi cikal bakal umat islam di negara tersebut. Islam di wilayah ini memiliki sejarah panjang yang berusia ribuan tahun lamanya.

Menurut data dari Religious Information Service of Ukraine (RISU), kelompok  muslim pertama yang mendiami Ukraina modern adalah orang-orang stepa. Hal ini dapat dibuktikan ,

Menurut arkeolog setempat, praktik praktik pemakaman muslim Ossetia-Alans pada abad ke-7 hingga ke-8. Jejak peninggalan ini bisa ditemui di kota Ostroh.

Data dari sumber yang sama juga mengatakan bahwa sekarang sudah ada 151 masjid berdiri dan 6 masjid sedang dibangun. Di samping itu, ada lima pusat komunitas budaya muslim resmi yang berdiri di Ukraina.

Author:

Dadang Abdul Rasyid

Editor:

Dadang Abdul Rasyid

Sumber:
britannica.com.
X