Minggu, 25 September 2022
Senin, 07 Februari 2022 10:21

Seorang Doktor Ahli Hypnotheraphy Bongkar Setingan Video Ujang Bustomi vs Dukun Santet

 

VERSIINDONESIA.COM-Ujang Bustomi Cirebon viral di Youtube karena membuat konten grebek dukun santet. Puluhan videonya ditonton ratusan ribu orang. Dia pun dapat
gaji sebagai Youtuber.

Dr Gumilar S.Pd MM, Pimpinan Pondok Pesantren Nurul Firdaus di Dusun Panoongan Kec Panumbangan Kabupaten Ciamis meminta publik hati-hati dengan orang pintar palsu, Ustadz palsu, Kyai palsu, Gus palsu, Habaib, dan praktisi Supranatural
palsu lainnya yang beraksi di Youtube.

"Saya mengamati banyak yang dobol (palsu) lihat Ujang Bustomi grebek dukun santet, terlihat jelas setingannya," katanya.

Kritik Ahli Hypnotherapy ini disampaikan juga di Chanel Youtubenya Gumilar Nurul Firdaus dan mendapat respon positip dari penonton.

Tayangan Grebek Dukun Santet Setting-an yang diperagakan Ujang Bustomi tanpa disclaimer, seolah olah itu tayangan dukun Santet asli.

"Makanya dia memproduski terus tayangan tersebut karena sangat disukai nettizen, hingga ditonton jutaan orang," katanya.

Dia menjelaskan, di era moderen ini dengan teknologi bisa dimanipulasi. Apalagi
tayangan video. Bisa direkayasa seperti film sinetron.

"Logikanya begini kalau ngak diseting mana bisa dukun santet mau dikamera. Mau muncul. Dukun santet asli mah diam di rumah ngak mau muncul ke publik. Dukun santet itu tidak mau menampakan diri," katanya.

Biasanya kata Gumilar dukun santet dalam kesehariannya tak menanmpakan diri seperti laiknya dukun santet. Maksudnya bergaul dengan masyarakat umum, bahkan rajin ke masjid. Tak memakai pakaian serba hitam dan batu akik.

Author:

Dadang Abdul Rasyid

Editor:

Dadang Abdul Rasyid

X