Senin, 03 Oktober 2022
Sabtu, 05 Maret 2022 07:24

Satu Bulan Jelang Puasa Stok MInyak Goreng di Ciamis Masih Terbatas

salah seorang pedagang sembako di pasar Manis Ciamis/dadang dar
salah seorang pedagang sembako di pasar Manis Ciamis/dadang dar

VERSIINDONESIA- Sebulan jelang Ramadan stok minyak goreng di Ciamis masih terbatas. Hanya ada di grosir sembako belum menjangkau warung tetangga. Apalagi minyak goreng kemasan masih sulit ditemukan.

“Suka telat datangnya belum stabil pasokannya . Tapi dibading bulan lalu (Februari) sekarang lumayan lancar,”  Kata Neni Suherni, grosir kelontongan dan minyak goreng di Blok A Pasar Manis Ciamis kepada VersiIndonesia.com, Sabtu (5/3/2022).

Menurut Neni permintaan minyak goreng masih biasa, belum terjadi lonjakan sehingga pembeli  tidak sampai antre.


“Alhamdulillah masih lancar-lancar aja. Harganya sekarang 13.500 per kg,” kata Neni yang sudah 16 tahun jualan di pasar Manis ini.

Begitu juga di Pasar Subuh Ciamis, tak semua kios menjual minyak goreng. Para Pemiliki kios mengaku belum mendapat pasokan dari disttributor atau agen.

Beda lagi di beberapa minimarket di Ciamis, stok minyak kemasan sudah terlihat memenuhi rak pajangan. Namun harganya agak mahal atau selisih Rp 100-2000/liter.

Minyak goreng dalam kemasan berisi  2 liter harganya Rp 28.000. Turun dibandingkan sebelumnya yang mencapai Rp34 ribu hingga Rp 38 ribu.

“Para pembeli tak bisa memborong minyak, satu orang pembeli dijatah  1 liter. Boleh beli yang dua liter tapi satu kemasan ,” kata Neneng Anjani  seorang petugas minimarket di Jalan KH Ahmad Dahlan Ciamis

Karena ketersidian stok mencukupi, terlihat pembeli tak perlu antre. Begitu mengambil dari rak pajangan, pembeli bisa langsung ke meja kasir untuk membayar minyak goreng kemasan yang dibelinya.

Dari pantauan petugas Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan (KUKMP) Ciamis, sampai Jumat ini stok minyak goreng di Ciamis masih terbatas.

Author:

Dadang Abdul Rasyid

Editor:

Dadang Abdul Rasyid

Sumber:
Wawancara Khusus
X