Minggu, 25 September 2022
Sabtu, 04 Juni 2022 18:00

Rombongan Kloter 1 dari Indonesia Jadi Jemaah Haji Pertama di Dunia yang Tiba ke Arab Saudi

JEMAAH HAJI - Rombongan dari Indonesia menjadi jemaah pertama di dunia yang tiba di Arab Saudi./ Instagram @informasijhaji
JEMAAH HAJI - Rombongan dari Indonesia menjadi jemaah pertama di dunia yang tiba di Arab Saudi./ Instagram @informasijhaji

VERSIINDONESIA.COM - Rombongan jemaah haji yang masuk pada kloter ke satu menjadi jemaah pertama di dunia yang tiba di Arab Saudi.

Jemaah jemaah tersebut merupakan Kloter 1 dari Embarkasi Solo (SOC 1) tiba di Prince Ameer Mohammed bin Abdul Aziz (AMAA) International Airport, Madinah.

Mereka baru tiba di Arab Saudi pada hari ini, Sabtu, 4 Juni 2022 pukul 08.58 waktu setempat.

Baca Juga: Punya Ruang Tamu yang Sempit? Jangan Berkecil Hati, Berikut Ini Tips Menatanya agar Tampak Lebih Luas

Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Abdul Aziz Ahmad mengatakan, jemaah haji Indonesialah yang pertama datang karena sejatinya kegiatan haji baru sekarang dimulai secara resmi.

"Kalau ada jemaah dari negara lain yang datang, mungkin itu bukan yang secara resmi diorganisasi seperti jemaah kita sekarang," kata Dubes Abdul Aziz Ahmad di Bandara AMMA, Madinah dikutip VersiIndonesia.com dari laman RRI.

Dubes Abdul Aziz berharap, jemaah asal Indonesia dapat melakukan ibadah dengan baik selama di Tanah Suci. "Kita harapkan mereka menjadi haji yang mabrur," ungkapnya.

Sebanyak tujuh kloter jemaah haji dari lima embarkasi, yaitu Embarkasi Solo, Jakarta-Pondok Gede, Jakarta-Bekasi, Padang, dan Surabaya, dijadwalkan tiba di Madinah pada Sabtu (4/6/2022). Total jemaah berjumlah 2.776 orang. Di musim haji tahun 2022 ini, Indonesia mendapatkan kuota sebesar 100.051 orang dan 1.905 petugas.

Baca Juga: Ukraina Kembali Rebut sekitar 20 Persen Wilayah yang Sempat Dikuasai Rusia di Sievierodonetsk

Deputi Menteri Haji untuk Kerajaan Arab Saudi Abduraahman Al Bejawi mengungkapkan, pihaknya sudah terbiasa dan profesional dalam menangani jemaah haji. Terlebih, ujar dia, jemaah haji yang datang tidak sebanyak sebelum adanya pandemi.

Author:

Azam

Editor:

Azam

Sumber:
RRI
X