Minggu, 25 September 2022
Rabu, 14 September 2022 10:37

PPKM Solusi Untuk Pelaku UMKM Hadapi Tantangan Usaha

VERSIINDONESIA.COM- Perkumpulan Pengusaha Karsa Mandiri (PPKM) merupakan perkumpulan masyarakat pelaku usaha yang berasal dari Kabupaten Bandung. Para pengusaha ini memiliki fokus utama yakni meningkatkan kualitas anggota melalui Lifelong Learning untuk produktivitas usahanya, sehingga menjadi kuat dan semakin maju. 

Danny Syarif Hidayat selaku Ketua Umum PPKM Periode 2021-2024 mengungkapkan, “PPKM berdiri pada tanggal 25 Januari 2017 bertepatan dengan silaturahmi akbar para pelaku usaha di Gedung M. Toha Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bandung.”

Danny menambahkan, PPKM memiliki beberapa program unggulan di antaranya:

1. SCORE +  

Merupakan singkatan dari Sustaining Competitive and Responsible Enterprises (SCORE). SCORE adalah sebuah Global Programme ILO (International Labour Organization) yang konsen terhadap produktivitas, hubungan antar karyawan dan efisiensi di usaha kecil.

2. SCORE BCP

Merupakan singkatan dari Business Continuiti Plan (BCP). SCORE BCP adalah program yang membantu dalam mengelola bisnis agar bisa beradaptasi dan bertahan di masa krisis, memahami peluang, tantangan strategi penyehatan keuangan dan lainnya.

Program ini adalah lanjutan program SCORE+. Program dalam bentuk modul sesuai kebutuhan seperti pencatatan keuangan, menghitung Harga Pokok Produksi (HPP), Sosial Media Basic, dan lainnya. 

Baca Juga: Diskop UKM Kabupaten Bandung Gelar Kegiatan Pendampingan UMKM

“PPKM adalah organisasi mandiri tetapi bersinergi dengan seluruh dinas yang terkait dengan dunia usaha. Sinergi tersebut melalui berbagai program atau lainnya. PPKM tidak membatasi keterkaitan dengan salah satu dinas saja. Hal ini dikarenakan kompleknya permasalahan yang ada di pembinaan UKM, maka pembinaan dilakukan oleh beberapa Lembaga pemerintah sesuai TUPOKSI- nya,” terang Danny.

Author:

Nur Khalifah

Editor:

Nur Khalifah

Sumber:
Wawancara Khusus
X