Senin, 03 Oktober 2022
Sabtu, 04 Juni 2022 14:34

Pemerintah Pusat Tetapkan Borobudur Jadi Destinasi Wisata Ramah Lingkungan

BOROBUDUR - Pemerintah Pusat Tetapkan Borobudur Jadi Destinasi Wisata Ramah Lingkungan
BOROBUDUR - Pemerintah Pusat Tetapkan Borobudur Jadi Destinasi Wisata Ramah Lingkungan

VERSIINDONESIA.COM - Pemerintah pusat menetapkan kawasan Borobudur di Magelang Jawa Tengah sebagai destinasi wisata ramah lingkungan dan berkelanjutan. Anggaran Rp6,8 triliun digelontorkan untuk mewujudkan kesuksesan program itu.

Peresmian Borobudur sebagai destinasi wisata ramah lingkungan dilakukan oleh Menko Marinves Luhut Binsar Pandjaitan di kompleks Candi Borobudur, Sabtu (4/6).

Hadir pula dalam acara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Bupati Magelang, dan sejumlah tamu undangan dari berbagai instansi terkait.

Baca Juga: Cek Fakta: Usus Berisi Boba, Begini Fakta Sebenarnya

Sebelum peresmian, Luhut dan Ganjar beserta rombongan menjajal bus listrik buatan PT Inka (Persero) yang nantinya akan dijadikan moda transportasi di kawasan Borobudur hingga Candi Prambanan.

Rombongan berkeliling untuk mengecek sejumlah pembangunan di kawasan Borobudur, seperti tempat pengolahan sampah, gerbang masuk kawasan Candi Borobudur, ruang pertemuan (concourse) Borobudur serta pembangunan lainnya.

Selain bus listrik, pemerintah juga menggandeng pengemudi ojek online di sekitar kawasan Borobudur. Semua motor yang digunakan ojek online mengantar wisatawan itu juga berbahan listrik.

Baca Juga: Kemenag RI: Tujuh Kloter Haji Telah Diberangkatkan Hari Ini, Sabtu 4 Juni 2022

Tempat pengisian daya listrik di kawasan Borobudur dan Prambanan juga telah dibangun dan diresmikan dalam kesempatan itu.

"Saya sudah lihat perkembangan penataan kawasan ini, progress-nya luar biasa. Saya kira Pak Gubernur Ganjar dan Pak Bupati Magelang sudah berikan kontribusi yang sangat baik dalam pembangunan dan penataan kembali Borobudur," kata Luhut.

Author:

Dika Aryana

Editor:

Dika Aryana

X