Senin, 03 Oktober 2022
Kamis, 07 Juli 2022 17:37

Paguyuban Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Arjasari Adakan Workshop UMKM Go Digital Gratis

VERSIINDONESIA.COM – Paguyuban UMKM Arjasari, bekerjasama dengan Garda TransFumi dan Shopee Jawa Barat mengadakan Workshop UMKM Go Digital pada Rabu, 06/07 bertempat di Kantor Kecamatan Arjasari.

Workshop UMKM Go Digital tersebut diikuti 50 pelaku UMKM dari Kecamatan Arjasari. Tuti Kusmiati selaku Ketua Paguyuban UMKM Arjasari menyatakan bahwa workshop ini merupakan tindak lanjut dari program pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi pelaku UMKM yang telah diadakan sebelumnya.

Workshop UMKM Go Digital selain bekerjasama dengan Garda TransFumi,  Shopee Jawa Barat juga melibatkan Komunitas Forum UMKM Nuswantara (FUN).

Adif selaku wakil dari Garda TransFumi mengungkapkan bahwa Workshop UMKM Go Digital tersebut diadakan secara gratis bagi pelaku UMKM yang telah memiliki NIB.

Garda TransFumi sendiri merupakan bagian dari Kementerian Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Garda TransFumi aktif sejak 2021 lalu, adapun tanggung jawabnya yakni sebagai duta informasi khususnya program KemenKop UMKM untuk tingkat Kecamatan.

Garda TransFumi dibentuk sebagai solusi agar program dari Pusat dapat tersampaikan dengan baik hingga level terkecil yakni Desa dan Kecamatan. 

Baca Juga: Sunan Kalijaga dan Acong Latif Pimpin HAMI Laporkan Hollywings Indonesia

Workshop UMKM Go Digital juga melibatkan Shopee Jawa Barat sebagai salah satu market place ternama di Indonesia. Adit sebagai perwakilan Shopee Jawa Barat menyampaikan bahwa pihak Shopee mendukung kegiatan tersebut dengan menyediakan pemateri sekaligus pendamping bagi para pelaku UMKM. Semua layanan diberikan secara gratis.

Workshop UMKM Go Digital ini juga mendapatkan dukungan dari Heru Kiatno, S.Pd, M.Si selaku Camat Arjasari, Irfan F sebagai Kepala Seksi (KaSi) Pemberdayaan Kecamatan Arjasari dan Budiyusef sebagai Ketua Umum FUN Kabupaten Bandung.

Workshop UMKM Digital berlangsung dari mulai pukul 09.00 WIB hingga selesai. Fikri sebagai pemateri dari Shopee Jawa Barat memaparkan pada peserta tentang trik bagaimana strategi memasarkan produk UMKM dengan menggunakan aplikasi Shopee.

Author:

Nur Khalifah

Editor:

Nur Khalifah

Sumber:
Wawancara Khusus
X