Selasa, 04 Oktober 2022
Selasa, 15 Februari 2022 14:09

Minyak Goreng Langka, Minimarket di Ciamis Diserbu Emak-emak

ANTRE-ratusan ibu-ibu ngantre beli minyak goreng di salah satu minimarket di Kecamatan Banjarsari Ciamis Selasa (15/02/2022) photo: dar
ANTRE-ratusan ibu-ibu ngantre beli minyak goreng di salah satu minimarket di Kecamatan Banjarsari Ciamis Selasa (15/02/2022) photo: dar

VERSIINDONESIA.COM-Kelangkaan minyak goreng masih terjadi di Ciamis. Akibatnya ribuan ibu-ibu ngantre di sejumlah pasar swalayan yang menjual minyak goreng.

Seperti yang terjadi di sebuah minimarket di Kecamatan Banjarsari, Selasa (15/02/2022). Antrean serupa juga di sebuah minimarket di Kecamatan Cikoneng dan Panjalu.

Di Kecamatan Banjarsari telihat antrean panjang hingga ke luar minimarket. Antrean yang didominasi emak-emak ini memang sudah terjadi sejak Minggu (13/2/2022). Mereka bberburu minyak karena di warung tetangga sudah tak ada lagi.

"Di minimarket ini ada minyak seharga Rp 14 ribu, tapi harus ngantre. Belinya ngak bisa banyak lagi," kata Wiwin Sofiati, Warga Banjaranyar, Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis.

Baca Juga: Mendag Siap Terapkan HET untuk Minyak Goreng, Berlaku Mulai 1 Februari 2022

Wiwin bersama rekan-rekannya harus mengantre sejak pukul 06.30, padahal minimarket baru buka pukul 07.30 WIB.

Emak-emak mengaku bingung kalau kelangkaan minyak goreng terus terjadi. Sebab selain untuk keperluan sehari-hari, dampaknya terasa bagi pemilik warung yang menjual aneka gorengan.

”Susah kang kalau begini terus, mau goreng ikan dan ayam pakai apa coba, jadi bagaimana atuh ini teh kok pemerintah membiarkan kami sulit. Mendingan waktu zaman Soeharto kalau gini mah," timpal Engkom.

Kelangkaan minyak goreng juga dirasakan oleh para pengusaha kerupuk Cikoneng Ciamis. Seperti dialami Hoerudin, menurutnya, akibat minyak goreng langka pabrik libur beberapa hari.

"Sudah seminggu saya meliburkan karyawan, padahal permintaan kerupuk banyak. Sebenarnya saya tak masalah dengan harga asal barangnya ada. Ini mah sudah mahal lagi barangnya ngak ada," kata warga Wanasigra Kecamatan Cikoneng ini.

Author:

Dadang Abdul Rasyid

Editor:

Dadang Abdul Rasyid

Sumber:
Wawancara Khusus
X