Minggu, 25 September 2022
Rabu, 23 Februari 2022 13:03

Makna Golongan Darah dan Resiko Penyakit yang Dideritanya

CEK DARAH dengan rutin agar bisa mendeteksi kelainan penyakit PIXABAY/shameersrk
CEK DARAH dengan rutin agar bisa mendeteksi kelainan penyakit PIXABAY/shameersrk

VERSIINDONESIA.COM-Anda bisa mengubah pola diet atau olahraga selama ini, tapi tidak ada yang bisa anda lakukan pada tipe golongan darah yang sudah ditentukan oleh substansi mikroskopik di mana diturunkan langsung dari orang tua dan hinggap dalam sel-sel darah anda.

Substansi dalam sel darah tersebut berinteraksi dengan sistem imunitas yang mengubah risiko anda terkena beberapa penyakit tertentu. Jadi, apa pun golongan darah anda, A, B, AB, atau O, anda mungkin bisa rentan atau tidak terkena penyakit seperti, jantung, kanker, dan beberapa lainnya. Berikut ini adalah arti beberapa tipe golongan darah, yang manakah anda?

Masalah memori

Berdasarkan riset jurnal Neurolgy, bagi anda yang bergolongan darah AB kemungkinan terkena kerusakan kognitif lebih besar. Spesifiknya, orang golongan darah AB punya risiko lebih besar dalam proses belajar atau mendata sesuatu dibanding orang yang memiliki tipe golongan darah lain.

“Kita semua tahu jika tipe golongan darah AB berhubungan dengan faktor tingkat penggumpalan darah,”kata Co-author studi tersebut Mary Cushman, MD, sekaligus profesor pengobatan dan patologi di Universitas Vermont.

Kanker lambung

Kabar buruk lainnya, bagi anda yang bertipe golongan darah AB, risiko anda terkena kanker lambung lebih tinggi 26 persen dibanding orang dengan golongan darah B atau O. Hal ini disimpulkan berdasarkan studi American Journal of Epidemiology. (Jika anda tipe golongan darah A, maka risiko anda 20 persen lebih tinggi dibanding yang bertipe golongan darah tipe B atau O).

Jenis bakteri itu disebut H.pylori . Secara umum, sekitar 2/3 penduduk dunia ini memiliki bakteri H. pylori pada usus mereka, di antaranya bergolongan darah AB atau A yang memiliki sistem imun lebih tinggi saat bereaksi dengan bakteri yang bisa meningkatkan risiko kanker. Hal ini dikemukakan oleh Co-author studi Gustaf Edgren, MD, PhD, seorang epidemiologist Karonlinka University Hospital di Swedia.

Borok atau bisul

Berdasarkan penelitian Edgren, bakteri yang sama penyebab kanker lambung di antara pemilik tipe darah A atau AB juga kemungkinan meningkatkan risiko terkena borok atau bisul jika anda pemiliki golongan darah O. “Kelompok golongan darah ini memodifikasi respon imunitas tubuh terhadap bakteri, namun kita tidak tahu pastinya seperti apa,”kata Edgren. Sistem modifikasi imunitas itu mungkin menjelaskan koneksi tersebut,”ujarnya menambahkan.

Author:

Dadang Abdul Rasyid

Editor:

Dadang Abdul Rasyid

X