Minggu, 25 September 2022
Selasa, 12 April 2022 09:30

Kuota Haji Indonesia Maksimal 60 Ribu Calon Jamaah di 2022, Ini Kata IPHI

KUOTA HAJI - Ibadah haji yang sempat tertunda beberapa tahun gegara pandemi Covid-19 yang belum mereda akhirnya bisa dilaksanakan kembali / Foto oleh Haydan As-soendawy dari Pexels
KUOTA HAJI - Ibadah haji yang sempat tertunda beberapa tahun gegara pandemi Covid-19 yang belum mereda akhirnya bisa dilaksanakan kembali / Foto oleh Haydan As-soendawy dari Pexels

VERSIINDONESIA.COM - Ibadah haji yang sempat tertunda beberapa tahun gegara pandemi Covid-19 yang belum mereda akhirnya bisa dilaksanakan kembali.

Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI), Ismed Hasan Putro mengungkapkan kemungkinan hanya 50 sampai 60 ribu calon jamaah haji yang akan berangkat menunaikan ibadah haji tahun ini.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Arab Saudi hanya membuka kuota jemaah haji sebanyak 1 juta orang.

Baca Juga: Ramadhan 11 April 2022: Jadwal Waktu Sholat dan Imsakiyah 1443 Hijriah untuk Seluruh Daerah Jawa Barat

"Perhitungan sementara diperkirakan antara 50-60 ribu calon jamaah haji yang akan bisa diberangkatkan, namun ini masih tentatif karena belum ada kesepakatan atau belum ada pemberitahuan resmi dari kerajaan Saudi," ujar Ismed seperti dikutip dari wawancara Pro 3 RRI, Selasa 12 April 2022 sebagaimana dikutip VersiIndonesia.com.

Ia juga menyebut, biasanya Indonesia mendapatkan kuota jamaah haji sebanyak 210 ribu orang per tahunnya. 

Sedangkan di tahun ini jauh berbeda dan kemungkinan akan ada banyak sekali calon jamaah yang tersisih atau belum bisa diberangkatkan.

Baca Juga: Suka Mendengar Musik? Ternyata Memiliki Manfaat Tersembunyi bagi Kesehatan Mental

"Akan tetapi saya tetap merasa optimis kalau pemerintah akan memiliki solusi yang terbaik, dan para jamaah pun akan tetap ikhlas, ridho untuk menerima apapun yang akan terjadi ketika pemerintah sudah memutuskan untuk keberangkatan itu," tegas Ismed.

Baca Juga: Resep Rolade Tahu ala Devina Hermawan, Cocok untuk Lauk Sahur dan Buka Puasa di Bulan Bulan Ramadhan

Author:

Halim Dzul

Editor:

Halim Dzul

Sumber:
RRI
X