Senin, 03 Oktober 2022
Minggu, 20 Februari 2022 07:37

Inilah Tips Alami Menurunkan Gula Darah  dan Kadar Gula Darah yang Dianggap Tinggi

ILUSTRASI cek gula darah/pixabay/retroe
ILUSTRASI cek gula darah/pixabay/retroe

VERSIINDONESIA.COM- Sebelum Anda memutuskan untuk merawat tingkat gula darah pada tubuh, sebaiknya anda cari tahu dulu alasan utama mengapa gula darah pada tubuh seseorang bisa meningkat tajam.

Beberapa faktor penyebab di antaranya, makanan junk food, kurang olahraga, serta pengobatan yang tidak tepat akibat stres atau penyakit tertentu seperti diabetes mellitus.

Maka, untuk menurunkan tingkat gula darah, insulin sangat dibutuhkan, misalnya saat waktu makan. Anda pun bisa meminta bantuan dokter untuk memutuskan seberapa sering suntik insulin perlu dilakukan.

Selain itu, berikut adalah beberapa cara lainnya untuk menurunkan tingkat gula darah. Apa saja? Cek saran berikut ini;

Latihan fisik

Salah satu metode terbaik untuk menurunkan tingkat gula darah adalah melalui latihan fisik. Selama berlatih, konsentrasi darah insulin menurun sebagai efek kontraksi otot untuk mempertahankan level glukosa darah konstan. Berbagai penelitian menunjukkan, olahraga dapat mengatasi masalah, seperti retinopathy, neuropath, ginjal, dan jantung. Untuk menghindari terjadinya hal-hal tak diinginkan, anda bisa mengonsultasikan hal ini pada dokter.

Mengontrol diet

Inilah cara lainnya untuk menurunkan gula darah yakni dengan mengontrol diet. Ketika anda mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi, tentunya akan lebih mudah untuk membuat level gula darah anda pada posisi tetap.

Anda harus pastikan bahwa anda mengonsumsi antara 25-30 gram serta setiap hari. Cari sumber serat alami dari makanan segar, seperti buah dan sayuran serta makanan non olahan.

Tidur teratur

Author:

Dadang Abdul Rasyid

Editor:

Dadang Abdul Rasyid

X