Minggu, 25 September 2022
Selasa, 15 Februari 2022 00:56

Ini Dia 5 Tips Aman Konsumsi Mie Instan

MASAK MIE Instan dengan benar akan mengurangi dampak buruk bagi kesehatan. Pixabay/gianyasa.
MASAK MIE Instan dengan benar akan mengurangi dampak buruk bagi kesehatan. Pixabay/gianyasa.

VERSIINDONESIA.COM-Tidak bisa dipungkiri memang, jika konsumsi mie instan sudah menjadi bagian dari keseharian sebagian besar masyarakat kita. Seperti kita tahu pula, bahwa mie instan sebetulnya bukanlah makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi tiap hari.

Mie instan sendiri termasuk golongan junk food, yang mengandung karbohidrat dan lemak jenuh yang tinggi.

Tak hanya itu, bumbu mie instan sendiri mengandung cukup banyak MSG alias monosodium glutamate yang dapat memicu kanker jika dikonsumsi sering dan dalam jangka panjang.

Meski begitu, rasanya yang gurih dan lezat memang tidak bisa membuat kebanyakan dari kita menghindari konsumsi mie instan.

Siapa pun dari kita pasti tidak mungkin melewatkan satu bulan tanpa konsumsi mie instan.

Nah, apabila sudah tidak bisa dhindari sama sekali, berikut adalah beberapa tips pengingat untuk meminimalkan dampak buruk bagi tubuh akibat konsumsi mie instan.

Buang air rebusan mie pertama

Saat merebus mie, buang air pertama rebusan mie tersebut saat akan disajikan. Berdasarkan riset, terdapat lapisan lilin yang membuat mie tidak lengket dan tidak menggumpal.

Lilin ini sangat sulit dicerna tubuh, dan setidaknya membutuhkan waktu 3 hari untuk dicerna dan dibuang.

Nah, saat anda merebus mie, kandungan lilin ini, sebagian besar akan larut bersama air. Maka, setelah anda merebus, bisa diperhatikan warna kuah air rebusan itu akan berwarna kekuningan meyerupai warna mie itu sendiri.

Author:

Dadang Abdul Rasyid

Editor:

Dadang Abdul Rasyid

Sumber:
Prevention.com
X