Minggu, 25 September 2022
Selasa, 13 September 2022 10:21

Diskop UKM Kabupaten Bandung Gelar Kegiatan Pendampingan UMKM

VERSIINDONESIA.COM- Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM) Kabupaten Bandung menggelar kegiatan pendampingan pada pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah pada Senin 12/09/22 di Grand Pasundan Jalan Peta (Lingkar Selatan) No. 147-149 Bandung.

Kegiatan tersebut menghadirkan 50 peserta selaku perwakilan UMKM dari berbagai Kecamatan di Kabupaten Bandung. Kegiatan Pendampingan UMKM dibuka secara langsung oleh Dindin Syahidin sebagai Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM) Kabupaten Bandung.

Dindin mengungkapkan saat ini sebanyak 17.500 UKM Kabupaten Bandung mengalami beberapa permasalahan di lapangan. Oleh karena itu, Diskop UKM menjalin Kerjasama dengan beberapa pihak guna mengurai serta memberikan solusi terkait permasalahan tersebut.

Dindin menyebutkan ada 3 permasalahan UMKM Kabupaten Bandung beserta solusinya antara lain, pertama masalah terkait Sumber Daya Manusia (SDM) solusinya dengan mengadakan pelatihan gratis bagi pelaku UMKM, kedua masalah terkait permodalan dengan solusi Pemerintah Kabupaten Bandung memberikan anggaran sebanyak 40 Miliar Rupiah untuk dimanfaatkan para pelaku UMKM. Dana tersebut di berikan pada dua Lembaga sebagai mitra Pemerintah Kabupaten Bandung yakni Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kerta Raharja dan Bank Jabar Banten Cabang Soreang dan Majalaya. Para pelaku UMKM dapat memanfaatkan dana tersebut sebagai pinjaman bergulir tanpa bunga.

Adapun masalah ketiga terkait pemasaran, Dindin mengungkapkan bahwa saat ini Diskop UKM Kabupaten Bandung telah bekerjasama dengan beberapa mitra untuk membantu memasarkan produk UMKM Kabupaten Bandung antara lain Kunafe, Dekranas dan lainnya.

Dindin menjelaskan bahwa banyaknya wirausaha menjadi tolak ukur negara maju. Negara maju memiliki kurang lebih 15% wirausaha dari jumlah penduduk negara tersebut. Sedangkan di Indonesia dari jumlah penduduk sebanyak 270 juta jiwa baru 3,75% wirausaha. 

Baca Juga: Pentingnya Agaility Dalam Berbisnis Di Era dan Pasca Pandemi

Pendampingan UMKM Menghadirkan 3 Narasumber Dengan 3 Materi Utama

Kegiatan pendampingan UMKM oleh Diskop UKM Kabupaten Bandung menghadirkan 3 narasumber dengan 3 materi utama antara lain:

Dedy R Mihardja sebagai pemateri pertama membawakan materi tentang motivasi bisnis sekaligus praktik membuat Nomor Induk Berusaha (NIB). Dedy mengingatkan bahwa sebanyak apapun modal yang dimiliki pengusaha bila midsetnya salah maka tidak akan berhasil.

Author:

Nur Khalifah

Editor:

Nur Khalifah

Sumber:
liputan
X