Minggu, 25 September 2022
Sabtu, 22 Januari 2022 10:06

Buya Hasyim Arrazy Bilang Penunjukkan Mursyid Thoriqoh Harus Secara Tertulis

DR Arrazy Hasyim /instagram)
DR Arrazy Hasyim /instagram)

VERSIINDONESIA.COM- Dai kondang di medsos Dr Arrazy Hasyim MA mengatakan bahwa penunjukkan seorang mursyid harus secara tertulis dari guru sebelumnya. Sama seperti dokter yang didaulat mengobati pasien

Hasyim Arrazy mengungkapkan hal itu di Chanel Youtube Marzuki Supriyanto dengan judul Memalukan! Memalukan????NGAKU MURSYID TAPI TIDAK PUNYA IZIN TERTULIS, . Kajian Buya DR. Arrazy Hasyim, MA. Video tersebut tampaknya cuplikan poadcast dari chanel TQNEWS. Ada sekitar 8 Video yang membahas tema serupa.

Buya Hasyim Arrazy muryisd itu harus jelas sanadnya. "Mau mengaku mursyid seribu tarekat juga boleh yang penting mana sanadnya," tandasnya.

Ini menjadi konsen ulama ahlu sunah karena sanad itu adalah keistimewaan umat ini. Pada zaman ini yang selalu menjaga sanad yaitu ahli hadits dan ahli tasawuf. "Karena di tarekat sufi tidak boleh seorang mursyid membuka zawiyah atau mengajarkan tarekat kecuali dia mendapatkan izin tertulis dari gurunya. Sama seperti dokter yang membuka praktek," katanya.

Die mejelaskan, cara belajar efektif tarekat di zaman kekinian supaya nyambung sama seperti datang ke dokter. Artinya mencari guru ruh itu ibarat datang ke dokter. Kalau dokternya tak berkompeten akan terjadi mall praktek. Sama dengan mall praktek sufi.

Menurut Ustadz Razzy, murid yang ingin mencari mursyid yang benar pertama dengan sholat istikhorah, bertanya kepada ahli tarekat sufi. Karena ahli torekat sufi tidak punya nafsu untuk mempunyai murid.

Baca Juga: Ustadz Abdu Somad dan Buya Hasyim Arrazy Dikritik Karena Ikut Campur SOal Kemursyidan di TQN PP SUryalaya

Pada Cahnel lain YT Suluk Buya Hasyim Arrazy mengatakan, Talqin yakni talqin yang dilakukan oleh mursyid yang tidak diangkat gurunya. Tapi talqinya sah.

"Mursyid yang benar dan Kamil Mukamil itu tTak peduli dengan gimik, dia tak harus berkopiah dan berpenampilan, orang ini pake levis. Ini urusannya dengan qolbu," tandasnya.

Sementara itu Kiyai Haji Mahmdu J Almagribi mengatakan, kalau nur muhammadnya sudah terlihat penunjukkan seorang mursyid maka tak ada harus penjukkan seperti mengangkat Kepala Daerah dan anggota DPRD. Sebab dalam TQN PP Suryalaya pedoman kemursyidan sudah ada dalam Kitab Miftahusudur.

Author:

Dadang Abdul Rasyid

Editor:

Dadang Abdul Rasyid

Sumber:
Berbagai Sumber
X