Minggu, 25 September 2022
Senin, 19 September 2022 21:56

Buntut Ancaman Hacker Bjorka, DPR RI Segera Sahkan RUU Perlindungan Data Pribadi

PUAN MAHARANI - DPR RI akan segera meresmikan Rancangan Undang-undang Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP)./Instagram @ketua_dprri
PUAN MAHARANI - DPR RI akan segera meresmikan Rancangan Undang-undang Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP)./Instagram @ketua_dprri

VERSIINDONESIA.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) akan segera meresmikan Rancangan Undang-undang Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP).

Rencananya, pengesahan tersebut akan disahkan dalam rapat paripurna DPR RI pada Selasa, 20 September 2022 besok.

Hal itu disampaikan langsung Puan Maharani sebagai Ketua DPR RI periode 2019-2024.

Baca Juga: Usai Tumbangkan Vietnam 3-2, Akhirnya Timnas Indonesaia Lolos ke AFC U-20 Uzbekistan

"Saya berharap beleid baru tersebut akan melindungi setiap warga negara dari segala bentuk penyalahgunaan data pribadi. Dan ini hasil rapat badan musyawarah (Bamus) dan rapat pimpinan (Rapim) DPR memutuskan membawa RUU PDP ke rapat paripurna besok untuk disahkan sebagai undang-undang,” kata Puan kepada wartawan pada Senin, 19 September 2022.

"Pengesahan RUU PDP akan menjadi tonggak sejarah bagi Indonesia. Tentu saja ini dalam melindungi data pribadi warga negaranya dari segala bentuk kejahatan di era digital sekarang ini," ujarnya.

Adapun naskah final RUU PDP yang telah dibahas sejak tahun 2016 itu terdiri dari 371 Daftar Inventarisasi malah (DIM) dan menghasilkan 16 Bab serta 76 pasal.

Jumlah pasal di RUU PDP ini bertambah 4 pasal dari usulan awal pemerintah pada akhir 2019 yakni sebanyak 72 pasal.

Baca Juga: Tips Sehat ala dr. Zaidul Akbar. Minum Ramuan Ini Sebelum Tidur, Efektif Detox Racun dalam Tubuh

"RUU PDP ini akan memberi kepastian hukum agar setiap warga negara, tanpa terkecuali, berdaulat atas data pribadinya. Dengan demikian, tidak ada lagi tangisan rakyat akibat pinjaman online yang tidak mereka minta, atau doxing yang membuat meresahkan warga," ucapnya.

Author:

Azam

Editor:

Azam

Sumber:
RRI
X