Sabtu, 10 Desember 2022
Selasa, 14 Juni 2022 12:56

BPJPH Kemenag Imbau Pelaku Usaha Makanan dan Minuman Segera Ajukan Sertifikasi Halal

HALAL - Kemenag mengimbau, pelaku usaha makanan dan minuman untuk segera mengajukan sertifikasi halal./Instagram @halal.indonesia
HALAL - Kemenag mengimbau, pelaku usaha makanan dan minuman untuk segera mengajukan sertifikasi halal./Instagram @halal.indonesia

VERSIINDONESIA.COM - Makanan dan minuman di Indonesia memang sangat bermacam-macan sampai tak terhitung banyaknya.

Namun, masih banyak dari pelaku usaha makanan dan minuman tersebut itu berlum bersertifikat halal.

Satu diantara makanan dan minuman yang ada diberbagai daerah tapi belum bersertifikat hal itu adalah warung masakan padang.

Baca Juga: Iko Uwais Laporkan Balik Rudi ke Polda Metro

Oleh karena itu, Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag) Muhammad Aqil Irham mengimbau, pelaku usaha makanan dan minuman untuk segera mengajukan sertifikasi halal atas produknya sebagai wujud perlindungan konsumen.

"Sertifikasi halal ini penting dilakukan untuk memberikan kepastian, keamanaan, dan perlindungan bagi konsumen dalam memilih produk halal," ungkap Aqil Irham dalam keterangan tertulisnya, Selasa 14 Juni 2022.

"Ini harus dilakukan oleh seluruh pelaku usaha, termasuk pemilik restoran yang kita tahu biasanya menyediakan makanan halal seperti rumah makan padang," imbuhnya.

Hal ini disampaikan Aqil menanggapi usulan Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi yang mengusulkan agar masakan padang yang ada di pelbagai wilayah di Indonesia untuk dilakukan sertifikasi oleh Ikatan Keluarga Minangkabau (IKM).

Baca Juga: Aktor Iko Uwais Dilaporkan ke Polisi atas Dugaan Penganiayaan

"IKM bisa mengimbau ke setiap rumah makan padang untuk mendaftar sertifikasi halal di BPJPH," ujar Aqil.

Author:

Azam

Editor:

Azam

Sumber:
RRI
X