Minggu, 25 September 2022
Selasa, 08 Februari 2022 14:00

Aturan Baru Jam Operasional Pasar dan Supermarket Berdasarkan Inmendagri PPKM Level 1, 2, dan 3

ATURAN BARU PPKM - Poto ilustrasi Aturan jam operasional swalayan, supermarket dan pasar rakyat. Pexels/Marco Carmona.
ATURAN BARU PPKM - Poto ilustrasi Aturan jam operasional swalayan, supermarket dan pasar rakyat. Pexels/Marco Carmona.

VERSIINDONESIA.COM - Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 09 tahun 2022 tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) telah dikeluarkan pemerintah.

Inmendagri juga tersebut mengatur tentang jam operasional dan kapasitas pengunjung swalayan, supermarket dan pasar rakyat.

Aturan PPKM Level 3, 2, 1 Jawa dan Bali yang diterbitkan pemerintah diantaranya tentang jam operasional apotek dan toko obat tetap buka selama 24 jam.

Baca Juga: Jabodetabek, Yogyakarta, Bali dan Bandung Raya naik ke PPKM level 3, Inilah Aturan Baru Makan di Warteg

Berikut merupakan aturan masing-masing untuk setiap level PPKM yang mengatur jam operasional dan kapasitas swalayan, supermarket dan pasar rakyat.

PPKM Level 3

- Untuk supermarket, hypermarket, pasar tradisional, toko kelontong dan pasar swalayan yang menjual kebutuhan sehariharidibatasi jam operasional sampai denganPukul 21.00 waktu setempat dengan kapasitas pengunjung 60 persen.

- Untuk supermarket dan hypermarket wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi yang sudah dimulai sejak tanggal 14 September 2021 dan hanya pengunjung dengan kategori Hijau dalam aplikasi PeduliLindungi yang boleh masuk kecuali tidak bisa divaksin karena alasan kesehatan

- Untuk apotek dan toko obat dapat buka selama 24 jam

- Pasar Rakyat yang menjual barang non kebutuhan sehari-hari dapat beroperasi dengan kapasitas maksimal 60 persen dan jam operasional sampai dengan Pukul 20.00 waktu setempat.

Author:

Hadyan Muslim

Editor:

Hadyan Muslim

X